Pengaruh Revolusi Perancis, Amerika dan Rusia Terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Pengaruh Revolusi Perancis, Amerika dan Rusia Terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia - untuk mengetahui bagaimana pengaruh revolusi Perancis terhadap pergerakan nasional. Selain itu diharapkan pembahasan ini juga bisa memberikan gambaran apa pengaruh revolusi Amerika dan Rusia dalam perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Selengkapnya akan kita bahas satu per satu di bawah ini.

1. Pengaruh Revolusi Amerika Terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia
Pada tanggal 4 Juli 1776, ke-13 koloni Amerika Utara menyatakan proklamasi kemerdekaan dengan "Declaration of Independence". Sejak itulah lahir negara yang merdeka. Yang menyuarakan adanya hak-hak asasi manusia seperti hak hidup, hak kebebasan, dan hak unutk memiliki sesuatu telah menggema di seluruh benua Amerika Serikat mendorong masuknya paham-paham baru ke Indonesia serta munculnya pergerakan yang menentang penjajahan Belanda di Indonesia.

Revolusi Amerika dilatarbelakangi oleh keinginan rakyat untuk melepaskan diri dari penetrasi pemerintahan colonial Inggris yang semakin kuat seperti:

a. Kewajiban membayar pajak yang semakin besar.
b. Pemaksaan menjual hasil bumi kepada Inggris.
c. Pemaksaan membeli produk-produk Inggris.

Dampak Revolusi Amerika terhadap Pergerakan Nasional Indonesia sebagai berikut:
  1. Revolusi Amerika telah mendorong bangsa Indonesia, khususnya kaum pergerakan nasional Indonesia untuk melawan penjajah.
  2. Adanya pengakuan terhadap HAM telah mandorong kaum pergerakan nasional mempertahankan hak rakyat Indonesia untuk lepas dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajah.
  3. Revolusi Amerika melahirkan sikap untuk mempertahankan kebebasan, kemerdekaan, dan penghormatan terhadap sesame manusia.

2. Pengaruh Revolusi Perancis Terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia
Revolusi Perancis yang meletus pada tanggal 14 Juli 1789 dalam perkembangannya menimbulkan paham-paham baru diantaranya, liberalism, demokrasi, dan nasionalisme. Paham-paham baru tersebut menggema di seluruh Perancis dan menyebar ke seluruh Eropa bahkan menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Dengan menyebarkan paham liberalism, demokrasi, dan nasionalisme ke seluruh penjuru dunia dan termasuk Indonesia, maka mendorong lahirnya pergerakan yang bertujuan menentang dan melawan kolonialisme dan imperialism di Indonesia.

Dampak Revolusi Perancis terhadap perkembangan terhadap Pergerakan Nasional Indonesia sebagai berikut:
  1. Munculnya paham nasionalisme
  2. Munculnya paham demokrasi
  3. Munculnya perlindungan hak asasi manusia
  4. Munculnya golongan terpelajar akibat adanya politik etis. Golongan terpelajar inilah yang peduli akan nasib bangsanya. Mereka ingin menyelamatkan bangsanya dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajahan. Oleh karena itu, mereka mendirikan organisasi-organisasi yang bertujuan memajukan bangsanya.

3. Pengaruh Revolusi Rusia Terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia
Seperti revolusi-revolusi lailn, Revolusi Rusia juga membawa dampak baik bagi Rusia sendiri bagi negara-negara di kawasan dunia termasuk Indonesia. Pengaruh Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional di Indonesia tampak jelas dengan berkembangnya paham Marxis yang kemudian melahirkan Partai Komunis Indonesia.

Dengan demikian, Revolusi Perancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia berpengaruh terhadap munculnya pergerakan nasional Indonesia. Bedanya, jika Revolusi Perancis dan Revolusi Amerika berpengaruh terhadap organisasi pergerakan nasional yang berpaham nasional dan demokratis, sebaliknya Revolusi Rusia berpengaruh terhadap munculnya organisasi pergerakan yang berpaham komunis.

Dampak Revolusi Rusia terhadap Pergerakan Nasional Indonesia sebagai berikut:
a. Menimbulkan munculnya paham Marxisme (ajaran Karl Marx) atau Leninisme (ajaran Lenin)
b. Peham Komunis yang berkembang di Rusia, menyebabkan timbulnya paham komunis di Indonesia.
c. Munculnya pemberontakan PKI bulan November di Jakarta, September 1948, Oktober 1965 di Jakarta.

Referensi
___. 2013. Sejarah Program IPS untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2. Klaten: Usaha Mandiri
http://loriyaelofhia.blogspot.com/2013/05/pengaruh-revolusi-perancis-amerika-dan.html